kesehatan

0 386
donor darah

Donor darah merupakan perbuatan yang sangat mulia untuk dilakukan karena selain dapat menolong terhadap orang yang membutuhkan anda juga dapat manfaat dari kegiatan tersebut. banyak manfaat yang anda dapat rasakan setelah mendonorkan sebagian darah bagi kesehatan tubuh anda seperti menurunkan berat badan, merangsang pertumbuhan sel darah yang baru dan pemeriksaan yang dilakukan secara gratis, selain beberapa manfaat tersebut masih banyak manfaat lain setelah anda menyumbangkan sebagian darah demi kelangsungan hidup orang lain seperti menambah jiwa yang lebih sosial karena pada kenyataannya hidup akan selalu membutuhkan bantuan orang lain karena tanpa adanya bantuan dari orang belum tentu semuanya bisa kita lakukan. Tetapi tentunya juga anda akan memikirkan efek samping donor darah yang akan menjadi persoalan penting terhadap kesehatan tubuh anda.

Banyak orang yang memikirkan efek samping donor darah itu menakutkan dan menyebabkan berbagai hal yang akan timbul setelah kegiatan tersebut sehingga menjadi keraguan bagi anda yang ingin mendonorkan sebagian darahnya. untuk itu perlu anda ketahui efek apa saja setelah anda melakukan kegiatan sosial tersebut. pada dasarnya proses donor darah adalah proses medis yang biasa, apalagi sekarang ini didukung dengan alat dan tehnik yang lebih maju yang akan membuat anda nyaman dan aman pada saat melakukan transfusi darah. Efek samping yang biasanya timbul seperti pusing, mual bahkan pingsan. Namun anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena semua itu ada prosedur yang sudah dilakukan sebelumnya yaitu dengan melengkapi semua persyaratan yang telah anda lakukan
.
Adapun untuk mencegah hal tersebut diatas, anda harus mempersiapkan kondisi tubuh yang benar-benar harus diperhatikan sebelum anda mendonorkan sebagian darah tersebut yaitu dengan cara banyak istirahat yang cukup sehingga akan menjaga kestabilan tubuh anda, selain itu dengan memperbanyak minum untuk mengganti cairan yang akan dikeluarkan, makan terlebih dahulu seperti banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk menjaga kestabilan dalam tubuh anda dan melakukan hal yang lebih bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh sebelum kegiatan tersebut sehingga anda dapat meminimalkan hal-hal yang akan terjadi setelah kegiatan donor darah tersebut.

0 435
tips medical check up

Kesehatan adalah hal utama dalam bagian tubuh seseorang karena dengan sehat itu artinya dia mendapatkan kesejahteraan yang tak ternilai. Selain itu juga melakukan medical check up adalah hal yang harus dilakukan untuk mengetahui tingkat kesehatan rentang sakit yang sedang terjadi pada seseorang.

Tips medical check up bisa anda lakukan sebelum anda melaukan check up pada suatu rumah sakit atau klinik kesehatan.  Berikut ini adalah tips medical check up sebelum melakukannya.

1. Minum air putuh yang banyak.

Air putih berfungsi sebagai pelarut makanan dalam suatu system pencernaan karena dengan air semua makanan yang ada didalam tubuh akan terlarut dengan baik. Selain itu juga air putih memiliki manfaat dalam membasmi racun dalam tubuh, menghilangkan jerawat, dan membuat kulit terasa halu dan bersih. Minumlah air putih yang banyak agar sebelum mediakal check up anda bisa terjaga dengan baik.

2. Tidak mengonsumsi obat-obatan.

Apapun obat yang akan anda konsumsi itu tidak boleh dilakukan karena akan memberikan dampak yang tidak baik ketika anda sedang melakukan medical check up. Jadi jangan mengonsumsi obat apapun karena hal itu tidak baik apabila tanpa panduan dari perawat dan dokter.

3. Jangan merokok.

Merokok tidak boleh dilakukan ketika anda akan melakukan medical check up karena hal itu tidak baik untuk kesehatan paru-paru. Usahakan jangan merokok sebelum melakukan medical check up karena meskipun anda seorang perokok maka selama akan medical check up itu tidak boleh dilakukan.

4. Tidak minum minuman beralkohol.

Minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh seseorang karena minuman tersebut akan merusak jaringan tubuh seseorang sehingga fungsi dari organ tersebut tidak akan maksimal. Jadi sebelum anda melakukan medical check up tidak boleh meminum minuman beralkohol karena hal itu tidak baik.

5. Istirahat yang cukup.

Dengan istirahat yang cukup sebelum melakukan medical check up maka akan memberikan dampak yang baik untuk tubuh. Seperti tidur dengan maksimal maka anda akan terjaga dari insomnia sebelum melakukan medical check up.

Baca juga : apa gejala penyakit diabetes yang seharusnya diwaspadai

                  futuready siap menjawab pertanyaan tentang asuransi

0 428
Apa Gejala Penyakit Diabetes yang Seharusnya Diwaspadai
Apa Gejala Penyakit Diabetes yang Seharusnya Diwaspadai

Penyakit diabetes memang sebuah penyakit yang cukup mematikan untuk saat ini. Akan tetapi, seringkali si penderita diabetes justru kurang menyadari gejala penyakit diabetes itu sendiri. Malahan, mereka baru menyadari setelah mereka mengidap penyakit ini. Parahnya, setelah terbukti mengidap penyakit yang mematikan ini, mereka baru mencari pengobatan media atau pun pengobatan dengan cara alami. Padahal bila mereka mengetahui gejalanya, penanganan dapat lebih ringan lagi.

Sering sekali buang air kecil ketika malam hari, apakah ini termasuk gejala diabetes? tanda yang harus Anda waspadai ialah sering buang air kecil. Ketika menderita diabetes, kadar gula yang berada di dalam darah begitu tinggi. Jika hal ini terjadi, tubuh akan menarik banyak cairan ke dalam urine yang berfungsi untuk mengencerkan urine. Banyaknya gula yang harus di buang oleh tubuh, nantinya akan menarik urine semakin banyak hingga akhirnya sering buang air kecil. Sering buang air kecil ini terutama ketika malam hari.

Gejala yang lainnya ialah penurunan berat badan yang sangat drastis. Menurunnya berat badan yang tidak terkontrol justru begitu membahayakan, dikarenakan hal ini dapat menjadi gejala gula, mengingat Anda tidak mungkin mengalami penurunan berat badan tanpa berbagai macam hal yang bisa menyebabkan penurunan ini. sel pankreas bisa menyebabkan resistensi sel yang berada di insulin sehingga gula akan terdapat pada aliran darah. Gula ini terpaksa harus dikeluarkan tubuh, bila gula dikeluarkan tubuh, pasti tubuh tidak dapat memproses bahan yang digunakan sebagai tenaga, sehingga dengan terpaksa tubuh harus mengambil cadangan sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan tenaga sehari-hari. Inilah penyebab mengapa orang yang menderita diabetes mengalami penurunan berat badan yang begitu drastis.

Jika Anda merasa telah mengalami gejala penyakit diabetes, lebih baik Anda segera memeriksakannya ke dokter untuk memperoleh penanganan yang lebih lanjut lagi. Jika hal ini dibiarkan saja secara terus menerus, bisa jadi penyakit akan semakin parah malah bisa menggerogoti tubuh Anda. Oleh sebab itu sebisa mungkin lebih cepat tanggap di dalam penanganan penyakit diabetes ini.

0 881
Tanya Jawab Tentang Asuransi
Tanya Jawab Tentang Asuransi

Apakah Anda sudah mempunyai asuransi jiwa ataukah saat ini Anda sedang melakukanpemilihan produk asuransi jiwa yang di inginkan? Bila Anda ternyata sudah mempunyai asuransi jiwa, tak ada ruginya jika Anda melakukan pemeriksaan kembali tentang pertanggung jawaban uang yang nantinya diberikan kepada Anda dari perusahaan asuransi bersangkutan benar-benar bisa mencukupi terhadap resiko yang kemungkinan bisa terjadi sewaktu-waktu. Apabila Anda belum mempunyai asuransi maka ketika memustuskan pilihan terkait produk-produk asuransi itu alangkah baiknya diperhitungkan dahulu, seberapa besar manfaat asuransi itu untuk Anda. Apa perhitungan itu sesuai terhadap uang yang dipertanggung jawabkan perusahaan asuransi itu untuk keluarga Anda atau tidak. Jangan pernah memilih perusahaan asuransi yang tak mencukupi keinginan Anda nantinya.

Mengenai tanya jawab tentang asuransi kini Futuready siap membantu semua pertanyaan dan sekaligus jawaban mengenai asuransi. Menurut Futuready, asuransi jiwa itu meliputi dana pendidikan, pengganti penghasilan, persiapan untuk dana kesehatan atau perawatan bila nantinya Anda mengalami kecelakaan, dana pengembangan asset dan dana tabungan masa tua. Lalu untuk mengetahui perusahaan asuransi bersangkutan sesuai dengan perhitungan kebutuhan itu bagaimana? Menurut Futuready, untuk mengetahuinya harus memakai Metode Life Value. Dimana didalam metode itu terdapat tiga pokok hal yang harus dipertimbangkan yakni pertama, besarnya penghasilan Anda sekarang ini kemudian kalikanlah dalam setahun. Kedua, lamanya pendapatan itu ketika dibutuhkan ahli waris sampai ahli waris bisa mandiri. Ketiga, hitung besarnya inflasi

Nah itulah sekilas tanya jawab tentang asuransi yang mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.

0 409
sarapan sandwich
sarapan sandwich

Siapa yang sarapannya sudah beralih ke roti-rotian ? berbeda dengan mengkonsumsi nasi, roti memiliki kalori yang cukup besar dibandingkan dengan nasi yang artinya anda akan mendapatkan energi yang lebih besar dibandingkan dengan mengkonsumsi nasi. Kalori yang dimiliki oleh roti gandum berkisar 248 kalori per 100gram roti gandum, dan nasi hanya sebesar 178 kalori per 100gram nasi. Selain itu mengkonsumsi nasi yang berlebihan juga dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemas karena banyaknya gula yang dikonsumsi dari nasi. Roti gandum tidak memiliki banyak gula yang membuat tubuh anda tetap bersemangat dan tidak merasa terlalu kenyang dan juga tidak merasa terlalu lapar. Dan yang terakhir, serat yang dikandung sudah pasti lebih banyak roti. Jadi lebih baik mengkonsumsi roti seperti sandwich yang lebih menyehatkan dibanding mengkonsumsi nasi di pagi hari. bagaimana cara membuat sandwich yang sehat ini ? berikut resepnya.

Siapkan beberapa lembar roti gandum, 1 lembar keju cheedar, 1 lembar daging sapi asap, irisan tomat segar, irisan mentimun segar, selada segar, mayonaise, mentega blue band, dan saus tomat/sambal. Pertama-tama panggang diatas teflon roti yang telah diolesi mentega dikedua sisinya dan masak hingga berwarna kecokelatan. Setelah itu anda oleskan mayonaise diatas salah satu roti dan tambahkan saus secukupnya. Setelah itu tambahkan irisan tomat, mentimun, selada, daging asap, dan irisan keju. Tambahkan mayonaise sedikit lalu tutup kembali dengan roti gandum. Tekan sedikit agar roti lapis ini tidak terlalu lebar. Dan roti lapis pun siap untuk disantap sebagai menu sarapan anda.

Sandwich ini tentunya memiliki gizi yang sangat tinggi dengan adanya tambahan sayuran dan daging. Dengan mengkonsumsi roti ini setiap hari memungkinkan tubuh anda bisa menjadi lebih ramping atau melakukan diet dan lebih sehat pertumbuhannya untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Namun jika memang anda lebih menyukai mengkonsumsi keduanya juga tidak apa. Yang penting selalu ingat kesehatan dan selalu gunakan blue band disetiap menu yang anda buat. Selamat mencoba

0 314

Seberapa keraspun kita menjaga kesehatan anak, terkadang penyakit selalu timbul. Penyakit yang bisa menyerang anak dapat berupa penyakit ringan dan tidak berbahaya hingga penyakit yang berat dan berbahaya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan ibu dan anak sangat penting dilakukan. Ibu harus selalu menjaga kesehatan karena ibu harus mengurus anak setiap saat. Begitupun sebaliknya, anak harus selalu dalam keadaan sehat agar tumbuh kembangnya tidak terganggu dan anak akan selalu merasa bahagia. Untuk mencegah datangnya berbagai penyakit ringan pada anak, maka kita harus menyediakan berbagai obat yang harus ada dan disediakan dirumah agar anda dapat menangani anak anda begitu dia tertimpa sakit. Obat – obatan yang harus selalu disediakan, diantaranya:

  1. Oralit untuk mengobati diare
  2. Obat merah untuk mengobati luka luar
  3. Parasetamol untuk mengobati demam

Ketika anak terkena batuk, ada beberapa langkah perawatan yanga dapat anda lakukan. Jika anak anda masih bayi, maka anda dapat memberikan ASI sesering mungkin. Ketika usia anak sudah lebih dari satu tahun, anda dapat memberikan ramuan kecap manis atau madu dan jeruk nipis untuk meringankan batuk pada anak. Anda pun harus menjauhkan asap rokok, asap dapur, atau asap pembakaran yang akan berdampak buruk bagi anak.

Ketika anak terkena diare, maka kesehatan ibu dan anak harus diperhatikan sebagai langkah awal. Bayi bisa mengalami diare karena ASI yang tidak cocok. ASI yang tidak cocok dapat berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi ibu. Ketika anak sudah lebih dari satu tahun, anda dapat memberikan cairan oralit untuk mengatasi diare pada anak. Jika tidak ada oralit, anda dapat memberikan air matang, sayuran, atau air tajin. Jangan sembarangan memberikan obat kecuali atas petunjuk dokter.